tag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post7949154669202140412..comments2022-04-09T15:23:52.666-07:00Comments on Konsep Belajar Mengajar: Konsep Belajar MengajarKonsep belajar dan mengajarhttp://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comBlogger37125tag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-67032324936303534022013-02-28T06:14:59.398-08:002013-02-28T06:14:59.398-08:00terima kasih atas pertanyaannya, menurut kelompok ...terima kasih atas pertanyaannya, menurut kelompok kami maksud dari teori tersebut ialah suatu ilmu yg sling berkaitn satu sm lain dlm proses pembelajaran. Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-85557053666607727992013-02-28T05:41:32.469-08:002013-02-28T05:41:32.469-08:00terima ksih atas pertanyannya menurut kami ciri ba...terima ksih atas pertanyannya menurut kami ciri bahwa seorang siswa telah mengalami perubahan mental yaitu sikap dia ketika menerima pelajarn, sikap dia yg mulai tidak memperhatikan pelajaran dan sikap yg lainnya didlm kelas ketika dia mulai menolak secara halus mengenai proses pembelajarn merupakan ciri dari perubahan mental ..Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-68400896207933330022013-02-28T05:28:04.424-08:002013-02-28T05:28:04.424-08:00terma ksih atas pertannyaannya, menurut kami metod...terma ksih atas pertannyaannya, menurut kami metode yg akan mempertinggi efesiensi belajar adalah metode andragogy karena metode tersebut mengharuskan peserta yg aktif dn guru hanya sebagai fasilitator, sedangkan untuk kondisi menurut saya tergantung bagaimana cara kita sebagai guru agar membuat proses pembelajaran tersebut menjadi menyenngkan :)Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-89055546822644066642013-02-28T04:27:07.429-08:002013-02-28T04:27:07.429-08:00terima kasih atas pertanyaannya, menurut kelompok ...terima kasih atas pertanyaannya, menurut kelompok kami cara guru dalam melakukan pengulangan yang efektif terhadap siswa ialah dengan cara diberikan tugas, tugas tersebut ialah materi yg sdh disampaikan sblumnya. hal tersebut dilakukan agar siswa diharapkan dapat mempelajari kembali pelajaran yg sdh diberikan.Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-32796734129704303072013-02-27T21:34:03.337-08:002013-02-27T21:34:03.337-08:00terima kasih untuk pertanyannya
menurut penjelasa...terima kasih untuk pertanyannya<br /><br />menurut penjelasan kami..<br />berwujud kongrit itu wujud yang bisa di amati, contohnya : perilaku siswa di dalam kelas, kita dapat mengamatinya dari tingkah lakunya dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas.<br /><br />berwujud tidak kongrit itu tidak bisa di amati, contohnya : perilaku siswa di luar sekolah,Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-61763315886553970492013-02-27T21:25:14.633-08:002013-02-27T21:25:14.633-08:00untuk postingan pertannyaan, tanggapan kami tutup....untuk postingan pertannyaan, tanggapan kami tutup.<br />terimakasih :)Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-45073424278675418962013-02-27T21:14:13.781-08:002013-02-27T21:14:13.781-08:00Terima kasih atas pertanyaanya.
sebelumnya kami ti...Terima kasih atas pertanyaanya.<br />sebelumnya kami tidak membahas mengenai peran seorang guru dalam makalah ini tp kami akan tetap mencoba menjawab pertanyan dari saudari rusma.<br /><br />peran seorang guru membuat berkonsentrasi dn bereaksi adalah tergantung metode pembelajaran yg yg digunakan oleh guru tersebut.Karena siswa cenderung tertarik jika metode yg diberikan guru itu menarik.Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-56895237402423012452013-02-27T20:57:42.956-08:002013-02-27T20:57:42.956-08:00Baik, terima kasih atas tanggapan dan komentarnya ...Baik, terima kasih atas tanggapan dan komentarnya terhadap makalah kami :)Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-73115235741234483062013-02-27T20:55:46.302-08:002013-02-27T20:55:46.302-08:00terima kasih untuk pertanyannya
menurut penjelasa...terima kasih untuk pertanyannya<br /><br />menurut penjelasan kami ...<br />pengertian belajar menurut pandangan teori behavioris , menghubungkan apa yg dihailkan siswa terhadap apa yg diberiakn guru. karena menurut terori ini yg lebih penting adalah apa yg diberikan guru (stimulis) dan apa yg dihasilkan siswa (respons) teori ini uga mengutamakn pengukuran , sebab pengukuran merupakan suatu hal yg penting untuk melihat terjadi tidaknya perbahan tingkah laku tersebut.Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-57864242964118849322013-02-27T20:38:43.835-08:002013-02-27T20:38:43.835-08:00terima kasih untuk pertanyannya
untuk pertanyaan ...terima kasih untuk pertanyannya <br />untuk pertanyaan yg pertama.<br /> contoh konkretnya adalah mata kuliah keterampilan meulis pada semester 3 yg lalu. kita diberi tugas untuk melakukan penelitian disekolah sekolah. selain itu kita juga tidak hanya mendapat nilai tapi kita jg mendapatkan pengalaman yg sangt berharga. karena kita mendapatkan pengalamn mengajar dlm kelas walaupun dngn waktu yg dibatasi. nah itu sdh merupakan contoh pengalaman yg sangat konkret yg kita alami sendiri disaat semester 3 :)<br /><br />pertanyaan yg ke 2,<br />model yg paling tepat menurut kami adalah model pendekatan andragogy, karena model ini menggunakan metode siswa yg aktif dlm proses pembelajarn sedangkan guru hanya sebagai fassilotator saja. :)Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-13996955498919316572013-02-27T20:23:30.876-08:002013-02-27T20:23:30.876-08:00terima kasih kepada saudari lisa yg sdh berkenan m...terima kasih kepada saudari lisa yg sdh berkenan mengamati makalah yg ada di blog kami.<br /><br />mhn maaf sblumnya mengenai penggunaaan tanda tanya pada rumusan tujuan itu merupakan kesalahan penulisan dari kelompok kami, <br /><br />jwbn untuk pertanyaan yg kedua, mengenai rumusan masalah dngn pmbhsan masalah memiliki keterkaitan langsung karena isi dari pembahasan tersebut sesuai dengan rumusan mslh yg kmi buat. hanya saja di rumusan masalah kami terdapat keslahan penulisan pada no 4, yaitu peran guru dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan untk rmusan mslh dri no 1 dn no 3 sling berkaitan dngn isi pembahasn yg kami tulis.<br /><br /><br />mengenai penjelasan tujuan belajar dn kedudukannya dlm proses belajar mengajar, menurut kami kedudukannya sama penting karena tujuan adalah pedoman yg memberi arah ke mana proses belajar mengajar akan dibawa. Tujuan dari kegiatan belajar mengajar tidak akan pernah tercapai selama komponen komponen yg lainnya tidak digunakan. jadi tujuan dan proses belajar mengajar saling berkesinambungan untuk mencapai tujuan yg diharapkan :)Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-2643926193130263542013-02-27T19:52:42.072-08:002013-02-27T19:52:42.072-08:00terima kasih kepada saudara fajar yg sdh membantu ...terima kasih kepada saudara fajar yg sdh membantu menjawb pertanyaan dari mukhlis. kami dari kelompok tdk membrikan tanggapan lagi karena tnggpan dari saudara fajar sdh sngt lengkap, kami dri kelompok hanya memberikan kesimpulan saja dari tnggapan fajar yaitu semua teori itu benar hanya saja bagaimana cara kita menerapkannya dlm proses dan konsep belajar dan cara mengajar kita :) Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-25973021074644378772013-02-27T19:35:46.224-08:002013-02-27T19:35:46.224-08:00pertama kami mengucaapkan terima kasih kepada saud...pertama kami mengucaapkan terima kasih kepada saudari lia yg sangat peka dalam menganalisis postingan makalah kami :), sebenarnya untuk BAB 1 rumusan masalah,tujuan dan manfaat yg telah kami sajikan terdapat kesalhan penulisan karena sebenarnya yg kami bahas dalam makalah ini hanya Konsep Belajar Mengajar saja tidak membahas mengenai peran Guru dalam Kegiatan Pembelajaran. terima kasih ;)Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-32991275681701597992013-02-24T22:13:27.290-08:002013-02-24T22:13:27.290-08:00Agus Dina Wati
A1B110053
Saya mau bertanya:
Pada ...Agus Dina Wati<br />A1B110053<br /><br />Saya mau bertanya:<br />Pada penjelasan "Menurut Thomdike, belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Dari definisi belajar tersebut maka menurut Thomdike perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berwujud kongkrit atau tidak kongkrit." Yang masing saya belum mengerti, bagaimana wujud kongkrit atau tidak kongkrit tersebut?Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14368642868896143371noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-91794006425170592272013-02-21T17:53:50.160-08:002013-02-21T17:53:50.160-08:00Dengan cara memberikan tugas untuk di rumah, atau ...Dengan cara memberikan tugas untuk di rumah, atau seorang guru tersebut memberikan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Misalnya memberikan les tambahan. Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-57659788674819155832013-02-21T15:00:32.686-08:002013-02-21T15:00:32.686-08:00Nama: Dedy Herwin Rendy
NIM : A1B110037
Boleh men...Nama: Dedy Herwin Rendy<br />NIM : A1B110037<br /><br />Boleh menambahkan jawaban? kalau boleh saya ingin menambahkan tentang macam motivasi yang bisa diberikan pendidik kepada siswa.<br />Menurut saya, motivasi bukan hanya berbentuk acuan atau ajakan seorang guru agar muridnya bisa berkonsentrasi menyerap apa yang diajarkan.<br />namun "suasana" juga merupakan salah satunya. Saya pernah merasakan dan membedakan pengajaran dengan suasana yang hening atau saya lebih suka menyebutnya dengan pembelajaran "KILLER" dengan pembelajaran yang "santai" dalam artian murid merasa nyaman dengan keadaan saat KBM berlangsung. Dan menurut saya hal yang saya sebutkan diatas juga merupakan salah satu dari motivasi siswa untuk belajar.<br />Nah, bagaimana menurut kalian? <--- (ini hanya intermezo, bukan pertanyaan)<br />Sebut saja aku vukalushttps://www.blogger.com/profile/09046780944831305128noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-10090863483412347612013-02-21T07:53:52.800-08:002013-02-21T07:53:52.800-08:00A FAZARUDIN RIZKI (A1B110042)
Menanggapi pertanya...A FAZARUDIN RIZKI (A1B110042)<br /><br />Menanggapi pertanyaan dari saudara Muklis...<br /><br />Resistensi diambil dari serapan bahasa inggris "Resistance" yang berarti "Ketahanan" atau "Kekebalan". Dan Subversi itu maksudnya gerakan dalam usaha atau rencana menjatuhkan kekuasaan yang sah diluar hukum undang-undang.<br />Jadi, kalau subversi dalam pendidikan mungkin bisa diartikan sebagai gerakan dalam mengusahakan pendidikan itu.<br /><br />Menanggapi pertanyaan kedua. Maksudnya itu masih berupa asumsi lain atau dugaan lain yang dianggap benar. Jadi, kemungkinan teori ini tidak mengutamakan proses yang dimaksudkan tersebut. Dan yang pasti, teori sibernetik lebih mengutamakan belajar sebagai mengolah informasi.<br /><br />mungkin itu yang saya bisa ditanggapi. Selebihnya kepada kelompok pemakalah dan kawan-kawan yang bisa memberikan tanggapan yang pasti.<br /><br />terima kasihAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/08072060454004557119noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-47140190702182528862013-02-21T07:03:02.119-08:002013-02-21T07:03:02.119-08:00Nama: Ahyan Puja Rahmani
NIM: A1B110021
Pada bagia...Nama: Ahyan Puja Rahmani<br />NIM: A1B110021<br />Pada bagian “a. pengertian belajar menurut Teori Behavioristik” paragraf ketiga terdapat pernyataan:<br />Ia (Walson) tetap mengakui bahwa perubahan-perubahan mental dalam benak siswa itu penting.<br />Menurut kelompok, adakah ciri bahwa seorang siswa telah mengalami perubahan mental?<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02124624757989570688noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-37505623649286216882013-02-21T06:54:32.662-08:002013-02-21T06:54:32.662-08:00A. FAZARUDIN RIZKI (A1B110042)
Saya akan menangga...A. FAZARUDIN RIZKI (A1B110042)<br /><br />Saya akan menanggapi pertanyaan dari saudara mina, dan mungkin berbeda dengan tanggapan dari kelompok pemakalah atau yang lainnya.<br /><br />Semua yang bertujuan memotivasi siswa itu bagus. Motivasi apapun yang diberikan kepada siswa pastinya akan memicu semangat akan belajar. <br />Kalau soal memilih menerapkan motivasi apa yang bagus untuk siswanya itu banyak. Ada motivasi guru terhadap siswanya dengan cara memberikan sugesti atau keyakinan atau kemantapan hati untuk memulai pembelajaran. Ada juga memberikan sebuah pencerahan lewat ceramah yang dapat meyakinkan siswanya untuk semangat belajar. Dan itupun tergantung bagaimana cara memperlakukan dan mengakrabkan siswanya. Juga pembawaan suasana hati siswa perlu diperhatikan, bisa saja siswa masih terbawa suasana yang tidak kondusif seperti kecapean, pusing, dan hal-hal lainnya. Hal itu bisa diatasi dengan cara: memberikan penyegaran suasana lewat senam kecil, memberikan sebuah permainan pembelajaran unik yang dapat memicu siswa untuk belajar, dan pastinya mintalah pendapat dari siswa, baik itu tertulis maupun penyampaian lisan. <br /><br />Jadi motivasi yang saya sampaikan tersebut berdasarkan pengalaman waktu saya masih pelajar. mungkin itu tanggapan yang bisa saya sampaikan dan mungkin bisa dapat dipahami saudara. <br /><br />Terima kasihAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/08072060454004557119noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-86385120387757835392013-02-21T06:42:08.691-08:002013-02-21T06:42:08.691-08:00maaf sebelumnya sebenarnya itu ada salah pengetika...maaf sebelumnya sebenarnya itu ada salah pengetikan dari kami. pengetikan ygt benar adalah 'Namun ia mengemukakan bahwa stimulus tidak harus berhubungan dengan kebutuhan atau pemuasan biologis'<br /><br />maksudnya adalah : Dijelaskannya bahwa hubungan antara stimulus dan respon cenderung hal bersifat sementara, oleh sebab itu dalam kegiatan belajar peserta didik perlu sesering mungkin diberikan stimulus, agar hubungan antara stimulus dan respon bersifat lebih tetap. Ia juga mengemukakan, agar respon yang muncul sifatnya lebih kuat dan bahkan menetap, maka diperlukan berbagai macam stimulus yang berhubungan dengan respon tersebut. Guthrie juga percaya bahwa hukuman (punishment) memegang peranan penting dalam proses belajar. Hukuman yang diberikan pada saat yang tepat akan mampu merubah kebiasan dan perilaku seseorang. Namun, setelah Skinner mengemukakan dan mempopulerkan akan pentingnya penguatan (reinforcemant) dalam teori belajarmya, maka hukuman tidak lagi dipentingkan dalam belajar.Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-51200977770533394182013-02-21T06:37:16.345-08:002013-02-21T06:37:16.345-08:00M. Maulana Fajarianto
A1B110015
Bagi seorang peng...M. Maulana Fajarianto<br />A1B110015<br /><br />Bagi seorang penganut teori Gestalt, hakekat belajar adalah penemuan hubungan unsur-unsur di dalam ikatan keseluruhan.<br />dari teori tersebut, bisakah kawan-kawan menjelaskan sedikit maksud dari teori tersebut.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10748181675032998328noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-54981543592980580582013-02-21T06:10:26.923-08:002013-02-21T06:10:26.923-08:00terima kasih atas pertanyaannya :)
menurut kelompo...terima kasih atas pertanyaannya :)<br />menurut kelompok kami, memanfaatkan disini maksudnya adalah 'menggunakan' materi atau ilmu yang didapat itu untuk diterapkan dalam proses belajar dan pembelajaran sehingga dapat berguna bagi siswa itu sendiri. contohnya: disaat kita menjadi Guru materi yang kita jelaskan terhadap murid kita pasti dari ilmu yang kita dapat sebelumnya baik sebelum kita menjadi guru atau di saat kita sudah menjadi guru. <br /><br />Konsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-10972169909495112612013-02-21T05:43:59.218-08:002013-02-21T05:43:59.218-08:00terima kasih kepada saudari mina yang sudah bersed...terima kasih kepada saudari mina yang sudah bersedia membaca makalah kami :). <br /><br />menurut kami motivasi yang bagus adalah :<br /> Agar siswa mencintai pelajarannya, guru harus memberikan motivasi pada siswa sehingga mereka menganggap mudah materi yang diberikan. Bukan malah membuat mereka menganggap pelajaran tersebut susah. Motivasi ini dapat diberikan oleh guru sebelum memulai pelajaran atau sebelum memasuki materi inti yang akan diberikan. Misalnya pada pelajaran matematika. Ketika awal guru memberikan materi, sebaiknya jangan langsung menyodorkan seabrek konsep serta rumus pada siswa. Sebaiknya guru menjelaskan terlebih dulu mengapa siswa harus mempelajari materi tersebut, kemudian memberikan dasar-dasar teori dan memberi kunci bagaimana menemukan rumus. Dengan begitu siswa juga akan lebih mudah mengingat rumus. selain itu kita juga bisa memotivasi siswa dengan memberikan 'reward' atas pekerjaannya. Misalnya, siswa yang berhasil memperoleh nilai tertinggi di kelas diberi hadiah dan siswa yang nilainya tidak tuntas diberi remidi. :)<br />semoga jawaban kami bisa dipahami .heeKonsep belajar dan mengajarhttps://www.blogger.com/profile/10256807384291854781noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-82209714456589503562013-02-21T05:25:54.888-08:002013-02-21T05:25:54.888-08:00Maulida Astuti
Nim A1B110023
Pada tujuan belajar,...Maulida Astuti<br />Nim A1B110023<br /><br />Pada tujuan belajar, kalian mengatakan seorang ahli pendidikan lebih mengutamakan metode serta kondisi yang mempertinggi efesiensi belajar. Yang ingin saya tanyakan, menurut kalian metode dan kondisi yang bagaimana yang akan mempertinggi efesiensi belajar? <br /><br />terima kasih :DAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/07839192916114343487noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3504899235450364222.post-15997220579537881662013-02-21T05:22:14.249-08:002013-02-21T05:22:14.249-08:00A FAZARUDIN RIZKI (A1B110042)
"Semua persiap...A FAZARUDIN RIZKI (A1B110042)<br /><br />"Semua persiapan guru untuk mengajar bersifat teknis. Hasilnya juga dapat diukur dengan instrumen perubahan perilaku yang bersifat verbalistis"<br /><br />Pertanyaan dari saya: seperti apa wujud instrumen perubahan perilaku yang bersifat verbalistis itu?<br /><br />Mohon pencerahan jawaban dari kawan-kawan..<br /><br />Terima KasihAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/08072060454004557119noreply@blogger.com