Source: http://www.amronbadriza.com/2012/10/cara-membuat-ucapan-selamat-datang-di.html#ixzz2LDosTwtI Konsep Belajar Mengajar: Maret 2013

Kamis, 14 Maret 2013

review kelompok 2


1.      Rahmi Nike Rosahin
A1B110035
Apakah ada hubungan antara tujuan akhir dan tujuan intermedier dengan tujuan pengajaran yang dilakukan seorang guru. Berikan alasannya! Jika ada bagaimana kita sebagai calon guru menyiapkan hal tersebut untuk anak didik kita nanti?

Jawab : tujuan akhir dan tujuan interdemier itu memang saling berkaitan satu sama lain nya. Melalui tujuan interdemier maka tujuan umum akan mudah untuk tercapai. Selain itu tujuan pengajaran yang dimiliki guru harulah sesuai dan sejalan dengan tujuan akhir dan tujuan interdemier yang telah ditetapkan secara universal. Jadi, tercapainya tujuan pengajaran akan mnejadi awal tercapanya tujuan akhir dan tujuan intermedier.
2.      Mukhlis Dwi Putra
A1B110038
“dengan menyadari dan memahami ‘siapa Dia’, mengapa dia diadakan kedunia ini”, dan “harus kemana nantinya”. Konsespsi seperti ini sangat penting sebagai landasan filosofis dan dasar motivasi untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar”.
saya pernah membaca ada konsep yang mirip dengan konsepsi diatas buku yang membahas ilmu tauhid dalam agama islam yang bahsanya mirip dengan kutipan makalah kelompok kalian. Yang berbunyi “siapa yang menciptakan dirinya (manusia)?”, “hisup di dunia untuk apa?”, dan “kemana ia setelah kehidupan ini ?”
pertanyaan saya mengapa konsep yang saya baca itu mirip dengan konsep yang kelompok kalian sampaikan?
Apakah aad kemungkinan kalau konspe itu awalnya dari buku yang saya baca kemudian diubah atau bagaimana?
Mohon penjelasannya kawan kawan.

Jaweab : mengapa konsep yg dipaparkan oleh kelompok mirip dengan konsep dalam buku tauhid yang anda baca? Konsepsi pada hakikatnya sama karena sebenranya tujuan kehidupan mahusia adlah seputar konsep tersebut. Tujuan dalam agama saya rasa juga menajdi dasar terbentuknya tujuan dalam pendidikan karena seperti yang anda tahu bahwa tujuan akhir pendidikan merupakan landasan filosofis yang berasal dari pemikiran pemikiran terdahulu.
3.      Dessy amelia
A1B110024

Di atasa sudah kalian paparkan bahw atujuan pendidikan Nasional Indonesia adalah ingin memebntuk manusia yang pancasilais, yang ingin membentuk manusia-manusia pembangunan. Nah, yang ingin saya tanyakan.
1). Apa yand dimaksud dengan manusia manusia pembangunan itu?
2). Manusia pancasilais itu seperti apa, apakah sama dengan manusia pembangunan, karena sya belum memahami dari kalimat-kalimat di atas?


Jawab: manusia pembangunan adalah manusia yang memiliki ciri-ciri  manusia yang dapat mengaktualisasikan potensi yang ada di dalam dirinya, mempunyai inisiatif, dan dapat menyimpulkan bahwa setiap pembangunan tidak hanya berurusan dengan produksi atau distribusi barabg-barang material, non material juga dapat dikatakan sebagai pembangunan, sedangkan manusia pancasilais adalah manusia pembangunan yang bisa menghayati dan mengamalkan sila sila pancasila.

4.      Rina rahmawati
A1B110002

Untuk mencapai tujuan akhir atau tujuan intermedier. Kira kira menurut kelompok, apa sih yang menjadi hambatan dalam mencapai tujuan tersebut? Lalu bagaimana cara mengatasinya, Terima kasih.

Jawab : hambatan yg sering terjadi pada proses belajar mengajar adalah aikP GURU yang kurang bertanggung jawab dengan pekerjaannya, yang biasanya hanay memberikan nilai melalui feeling saja. Jangankan tujuan akhir dan interdemier, tujuan pembelajaran saja sulit untuk tercapai. Cara mengatasinya yaitu jadilah guru yang profesional dalam pengajaran jangan sampai mengabaikan tujuan dari pengajaran itu sendiri.

5.      Maulida astuti
A1B110023

Kalian menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat nasiona. Apakah dengan dilaksanakannya ujian nasional tujuan pendidikan nasional itu sudah tercapai? Menurut kalian, apakah ujian nasional itu perlu?

Jawab : menurut kami tidak perlu, karena ujian nasional itu bukan termasuk dari tujuan nasional tapi hanya menjadi syarat dari pemerintah saja. Karena ujian nasional bukan tolah ukur untuk tujuan pendidikan nasional tercapai.

6.      Ahdiar Rahmat
A1B110011

Menurut kalian apakah sudah sepenuhnya tujuan akhir tersebut tercapai? Berikan alsan penguatnya. Lalu apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?


Jawab : belum sepenunhya tujuan akhir tersebut tercapai, masih banyak siswa yang tidak mengaplikasikannya apa yang mereka dapat dar i pengajran ke dalam dunia nyata. Penyebabnya adalah kurang fasilitas pembelajaran terutama bagi sekolah yg berada jauh di pusat kota.